IKLAN

Senin, 19 Agustus 2013

KATA PENGANTAR

Buku ini merupakan upaya keras penulis mengangkat khazanah yang lebih dalam dari uslub bahasa Arab.

PENGANTAR PENULIS (EDISI REVISI)
Alhamdulillah, setelah buku ini digunakan dalam beberapa bulan saja, ternyata edisi pertama ini sangat mendapatkan antusias yang baik dari pelajar maupun pengajar serta minat masyarakat yang ingin mempelajari dan menekuninya. Hal itu dapat dilihat dari ludesnya stok dari buku edisi pertama ini, dan pemberian saran dari staf pengajar maupun pemerhati bahasa Arab khususnya. Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan peminat bahasa Arab, maka perlu dilakukan penyempurnaan dari buku edisi pertama ini. Sehingga dalam buku “Ungkapan dan Uslub Bahasa Arab” edisi revisi ini telah dilakukan perubahan yang mendasar.
Pada dasarnya, susunan buku ini sama dengan edisi sebelumnya, akan tetapi dalam edisi revisi ini dilakukan penambahan pada tanda baca yang lazim digunakan dalam bahasa Arab guna mempermudah para pelajar dalam membaca kata-kata maupun kalimat dari contoh-contoh yang ada, juga setiap bab diperkaya dengan contoh-contoh tambahan sehingga akan memberi wawasan dan pemahaman yang lebih luas kepada pelajar dalam proses pengaplikasiannya dengan berbicara layaknya ahlul al-lugha (native speaker). Contoh tambahan diberikan terutama pada pemahaman konteks makna dalam kalimat maupun ungkapan.
Penulis sangat berterima kasih atas masukan-masukan dari teman-teman, kakak-kakak, staf pengajar bahasa Arab dan para pembaca. Penulis tetap mengharapkan masukan dari para pembaca terutama staf pengajar dan dengan senang hati akan menampung kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan buku ini hingga ke masa yang akan datang. Semoga buku ini bermanfaat dan dapat mencapai tujuannya.
 
Makassar, September 2011
                  Penyusun,

Dr. Muhammad Amri, M.Ag






PENGANTAR PENULIS (EDISI I)

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT atas rahmat dan ‘inayah-Nya, buku sederhana “UNGKAPAN DAN USLUB BAHASA ARAB -  AT-TARKIIBAAT WA AL-ASAALIB AL-ARABIYAH” ini dapat tersusun dalam bentuk yang lebih simple dan mudah. Mengingat pentingnya bahasa Arab, minat dan keterbatasan fasilitas serta banyaknya keluhan dalam mempelajarinya, penulis tergugah untuk menyusun buku ini. Kiranya akan sangat membantu siapa saja yang ingin belajar bahasa dan berbahasa Arab.

Inti dari buku ini adalah menghafal dan mempraktekkan ungkapan dan uslub-uslub yang ada. Susunan materi diawali berdasarkan abjad Arab tanpa mengelompokkannya ke dalam Fi’il maupun masdar kata atau ungkapan itu, melainkan diawali dengan huruf awal pada ungkapan tersebut dengan tujuan mempermudah pencarian dan penghafalannya. Pada bagian akhir dari buku ini diberikan kosa kata bahasa Arab kontemporer sebagai bahan untuk mempraktekkan tarkiib dan uslub-uslub dalam berbagai contoh bentuk kalimat sederhana.

Pada kesempatan ini, penulis ingin menghaturkan banyak-banyak terima kasih kepada kakanda Syarifuddin Abdullah yang telah memberikan banyak sumbangsih dan membantu dalam pengeditan dan penerbitan buku ini.

Terima kasih tak terhingga juga Kepada Bapak Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah beserta jajarannya, dan semua pihak yang telah banyak membantu yang tidak sempat kami sebutkan satu-persatu.

Terima kasih juga atas segala bantuan, inspirasi dan dukungan kedua orang tuaku, keluargaku, istri tercinta serta anakku Nabilah.

Penulis menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna, oleh karena itu kritik dan saran akan sangat dihargai dan diharapkan dalam rangka penyempurnaan buku ini. Hanya kepada Allah kita berharap ridha-Nya, semoga buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Arab.
 
Makassar, Desember, 2010
                  Penyusun,

Dr. Muhammad Amri, M.Ag


PENGANTAR EDITOR
Syarifuddin Abdullah
“Jurnalis dan pemerhati bahasa. Mantan Penyiar Radio Cairo”

Kecakapan dan kelenturan dalam berbahasa asing bukan hanya ditentukan oleh penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar)-nya, tapi juga oleh penguasaan idiom (ta’bir/uslub) yang popular di kalangan pengguna asli bahasa asing tersebut. Dengan kata lain, penguasaan idiom menunjukkan bahwa seseorang telah mencapai tahapan pembelajaran bahasa yang menjadikannya mampu memaknai rasa bahasa tersebut.
Tidak aneh, Bahasa Arab yang digunakan di berbagai pondok pesantren di Indonesia masih terkesan sebagai bahasa Arab yang Indonesia banget. Sebab, ungkapan-ungkapan masih mengacu pada ungkapan bahasa Indonesia.
Dan sejauh ini, di Indonesia, memang masih amat langka buku dan/atau kamus yang khusus berisi idiom-idiom bahasa Arab, yang memang dikemas khusus untuk pembaca di Indonesia. Selama ini, idiom-idiom itu antara lain dapat ditemukan di dalam kamus biasa, yang disajikan  sebagai contoh penggunaan untuk kosa kata tertentu.
Karena itu, buku idiom bahasa Arab ini dirasa perlu, sebagai upaya untuk mengisi khazanah pembelajaran bahasa Arab di kalangan warga Indonesia.
Sebagai catatan, kumpulan idiom ini adalah rangkuman sederhana tentang beberapa ungkapan bahasa  Arab yang popular digunakan di media-media berbahasa Arab, baik cetak maupun elektronik, yang merupakan hasil kompilasi selama penulis belajar di Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir. Rangkuman idiom ini sendiri pernah dijadikan materi dalam sebuah kursus terbatas untuk mahasiswa Indonesia di Cairo.
Tentu saja, rangkuman idiom bahasa Arab ini masih jauh dari memadai. Karena itu, saran dan kritikan pembaca amat diharapkan, agar rangkuman idiom ini dapat lebih disempurnakan untuk selanjutnya dapat diterbitkan dengan materi yang lebih lengkap di masa yang akan dating. Terima kasih.
Jakarta, November 2010
                          Editor  
Syarifuddin Abdullah
PENGANTAR REKTOR UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR
Segala puji dan syukur bagi Allah Rabb alam semesta. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan dan tauladan kita, Muhammad Rasulullah, keluarga, dan para shahabatnya. Wa Ba'du.

Bahasa Arab merupakan bahasa yang dinamik, bahasa yang kaya akan kaidah, struktur, kosa kata, dan uslub atau gaya bahasanya. Selain itu bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua di dunia yang memiliki beberapa keutamaan, yaitu bahasa Al-Qur’an dan Sunnah sebagai sumber hukum islam, bahasa para Anbiyaa’, dan bahasa Ahl Jannah. Maklumlah jika Ibnu Taimiyah menjustifikasikan wajibnya bahasa Arab untuk dipelajari, karena untuk memahami sumber-sumber ajaran islam (Al-Qur’an dan Sunnah) dengan benar, hanya akan terealisasi dengan menguasai bahasa Arab.

Jika kita membaca buku-buku pelajaran bahasa Arab, maka kita akan merasa berbeda tatkala membaca buku Ungkapan dan Uslub Bahasa Arab - At-Tarkiibat Wa Al-Asaalib Al-Arabiyah yang ditulis oleh Dr. Amri Tajuddin, M.Ag. Buku ini sangat sederhana dan padat dengan nuansa uslub ke-arabannya. Kita seakan diajak untuk berbicara bahasa Arab itu dengan rasa yang benar-benar Arab.

Buku ini merupakan upaya keras penulis mengangkat khazanah yang lebih dalam dari uslub bahasa Arab. Semua upaya ini patut diacungi jempol, karena berangkat dari kesadaran penulis untuk mengabdikan ilmu, terutama kebahasaan yang telah ia raup selama di Al-Azhar Cairo. Semoga ini bukan menjadi yang terakhir. Dan Allah senantiasa akan mendukung segala kebaikan.

Makassar, Januari 2011
Rektor UIN Alaudin Makassar




ABJAD DAN TANDA BACA
ﺍﻟﺘﻠﻔﻇ
Disamakan hurufnnya dlm bhs Indonesia
ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ
Cara baca
ﺍﻠﺤﺭﻭﻒ
Nama Huruf
ﺍﻠﺤﺭﻭﻒ
Huruf
ﺭﻘﻢ
No
A
Alif
ﺃﻟﻒ
١
B
Baa
ﺒﺎﺀ
٢
T
Taa
ﺘﺎﺀ
٣
Ts
Tsaa
ﺛﺎﺀ
٤
J
Jiim
ﺠﻴﻢ
٥
H
Haa
ﺤﺎﺀ
٦
Kh
Khaa
ﺨﺎﺀ
٧
D
Daal
ﺪﺍﻞ
٨
Dz
Dzaal
ﺬﺍﻝ
٩
R
Raa
ﺭﺍﺀ
١٠
Z
Zaay
ﺯﺍﻱ
١١
S
Siin
ﺴﻴﻦ
١٢
Sy
Syiin
ﺸﻴﻦ
١٣
Sh
Shaad
ﺻﺎﺪ
١٤
Dh
Dhaad
ﺿﺎﺪ
١٥
Th
Thaa
ﻂﺎﺀ
١٦
Dzh
Dzhaa
ﻇﺎﺀ
١٧
'
'Ain
ﻋﻴﻥ
١٨
Gh
Ghain
ﻏﻴﻥ
١٩
F
Faa
ﻔﺎﺀ
٢٠
Q
Qaaf
ﻘﺎﻒ
٢١
K
Kaaf
ﻜﺎﻑ
٢٢
L
Laam
ﻻﻢ
٢٣
M
Miim
ﻤﻴﻢ
٢٤
N
Nuun
ﻨﻭﻦ
٢٥
W
Waw
ﻮﺍﻮ
٢٦
H
Haa
ﻫﺎﺀ
٢٧
Y
Yaa
ﻴﺎﺀ
٢٨
Laa
Lam wal Alif
ﺍﻠﻼﻡ ﻮ ﺍﻷﻟﻒ
٢٩
A / '
Hamzah
ﻫﻤﺯﺓ
٣٠
Aa
Aa
ﻫﻤﺯﺘﻴﻦ
٣١




DAFTAR ISI

                                                                                                                      Halaman                                                                                     
KATA PENGANTAR EDITOR......................................................................................         ii
KATA PENGANTAR PENULIS....................................................................................         iii
KATA PENGANTAR REKTOR UIN MAKASSAR...............................................         iv
ABJAD DAN TANDA BACA...........................................................................................         v
DAFTAR ISI ..........................................................................................................................         vi
BAB  AL-ALIF..................................................................................................         1
BAB AL-BAA....................................................................................................         22
BAB AT-TAA’...................................................................................................         30
BAB AT-TSAA.................................................................................................         44
BAB JIIM............................................................................................................         45
BAB HAA...........................................................................................................         47
BAB KHAA........................................................................................................         50
BAB DAL............................................................................................................         53
BAB DZAL........................................................................................................         54
BAB RAA...........................................................................................................         55
BAB SIIN............................................................................................................         58
BAB SYIIN.........................................................................................................         60
BAB SHAD........................................................................................................         64
BAB DHAD.......................................................................................................         66
BAB THAA’.......................................................................................................         67
BAB DZHAA....................................................................................................         69
BAB ‘AIN............................................................................................................         70
BAB GHAIN.....................................................................................................         79
BAB FAA............................................................................................................         82
BAB QAF...........................................................................................................         87
BAB KAF............................................................................................................         90
BAB LAAM.......................................................................................................         97
BAB MIIM.........................................................................................................         110
BAB NUUN......................................................................................................         124
BAB WAU.........................................................................................................         125
BAB HAA...........................................................................................................         127
BAB YAA............................................................................................................         129
KOSA KATA (MUFRADAT).........................................................................................         130
KATA UMUM................................................................................................         130
ORGANISASI DAN JARINGAN.............................................................         145
EKONOMI DAN BISNIS............................................................................         147
HUKUM...........................................................................................................         150
POLITIK DAN PEMERINTAHAN........................................................         152
PERS DAN JURNALISTIK........................................................................         155
KEDOKTERAN..............................................................................................         157
PENYAKIT.......................................................................................................         158
MILITER...........................................................................................................         159
QUIZ KESEHATAN MENTAL...............................................................         162
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................................         164
TENTANG PENULIS........................................................................................................         165

Tidak ada komentar:

Posting Komentar