Alhamdulillah segala puji
bagi Allah SWT atas rahmat dan ‘inayah-Nya, buku sederhana “MODAL DASAR
MENGUASAI BAHASA INGGRIS - A STEPPING STONE TOWARD MASTERING ENGLISH GRAMMAR”
ini dapat tersusun dalam bentuk yang lebih simple dan mudah.
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT atas rahmat
dan ‘inayah-Nya, buku sederhana “MODAL DASAR MENGUASAI BAHASA INGGRIS - A
STEPPING STONE TOWARD MASTERING ENGLISH GRAMMAR” ini dapat tersusun dalam
bentuk yang lebih simple dan mudah. Mengingat pentingnya bahasa Inggris, minat
dan keterbatasan fasilitas serta banyaknya keluhan dalam mempelajarinya,
penulis tergugah untuk menyusun buku panduan dengan metode yang sederhana dan Mudah.
Kiranya akan sangat membantu siapa saja yang ingin belajar berbahasa dan
mengajar bahasa Inggris.
Inti dari buku ini
adalah menghafal dan praktek. Susunan materi diawali dengan pelajaran-pelajaran
dasar bahasa Inggris berupa Alphabet dan cara baca yang merupakan momok awal penghilang selera
belajar, kemudian macam-macam kata dan penggunaannya. bagian II berisikan
bentuk-bentuk kalimat dan ungkapan umum, bagian III berisikan dialog dan
latihan, bagian IV berisikan perbandingan penggunaan bahasa Inggris di beberapa
negara dan bagian V berisi lampiran-lampiran kata dasar yang harus dikuasai dan
dihafalkan.
Pada kesempatan ini. Penulis
ingin menghaturkan banyak terima kasih kepada bapak Ahmad Taufik Abdurrahman,
MA dan bapak Fikri Sulaiman yang telah memberikan banyak sumbangsih dan membantu
dalam pengeditan dan penerbitan buku ini. Juga kepada Shofiah Tidjani, Lc.,M.Si,
Lc,.MA, Dr. Farid senong, MA, dan Taufik Damas, Lc.
Terima kasih tak
terhingga untuk Eliza Mufti sekeluarga, Intan Agil Alattas sekeluarga, Husni
Yusuf, Lc sekeluarga, Iman Firdaus, Lc sekeluarga, Ruslan Husen Marasabessy (Ruly),
Tamsil sekeluarga, Yopi dan Dini, Dr.Surya Darma Syam, MA, Ahmad Gazali, Lc.
Ka’ Amin Samad, MA, sekeluarga, Ka’ Najib Tabhan sekeluarga, anak-anak
Sabandsa, Anak-anak Indonesia-Cairo dan
semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah banyak
membantu.
Terima kasih juga atas
segala bantuan, inspirasi dan dukungan kedua orang tuaku, keluarga, istri
tercinta S. Lulu Assagaf serta anak-anakku tercinta Gadysa dan Gelbina.
Penulis menyadari
bahwa buku ini belumlah sempurna oleh karena itu kritik dan saran akan sangat
dihargai. Hanya kepada Allah kita berharap ridha-Nya, semoga buku ini
bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Inggris.
Penyusun
SEKAPUR SIRIH
Oleh : Fikri Sulaiman Ismail, Lc., MA
“Pemerhati dan peneliti ilmu
kebahasaan dan kandidat doctor di bidang ESL dan Composition, Indiana
University of Pennsylvania, USA”
Pembaca
yang budiman,
Buku “A STEPPING STONE TOWARD MASTERING ENGLISH
GRAMMAR-Modal Dasar Menguasai Bahasa Inggris” ini sangatlah pantas
dianggap sebagai batu loncatan menuju kesuksesan dalam menguasai qaidah bahasa
Inggris. Buku ini didukung oleh beberapa kelebihan yang lahir dari hasil
refleksi penulis sendiri terhadap kelemahan bahkan kegagalan buku semacamnya,
yang kerap menggunakan metode presentasi yang cukup membingungkan bagi
pengguna, terutama pemula. Tidak kalah penting juga adalah peran pengalaman
pribadi pengarang yang sangat signifikan dalam menentukan aspek atau langkah
apa saja yang perlu dijadikan prioritas dalam penyajian.
Tentu saja
keistimewaan buku ini cukup banyak. Penggunaan bahasa yang mudah dicerna,
penyajian struktur materi yang berbasis tahapan kesukaran, contoh pemakaian
kata atau kalimat yang cukup kontekstual dan relefan, adalah beberapa
kelebihannya dibanding buku-buku lain. Karena bahasa adalah kunci bagi setiap
buku dalam mengkomunikasikan isinya, penulis terlihat sengaja memilih bahasa
yang sederhana (casual) dalam pemaparan materi, tentunya dengan tujuan untuk
tidak lagi menambah faktor kesulitan bagi pengguna, di atas kesulitan yang
memang harus mereka hadapi, akibat mempelajari bahasa asing itu sendiri.
Seperti
lazimnya petunjuk penguasaan suatu keahlian, penulis juga terlihat sangat
memperhatikan perihal pengaturan materi, demi memastikan adanya kesinambungan
antara satu materi dengan materi lain. Untuk tujuan ini, penulis memastikan
bahwa pembelajaran beranjak dari hal-hal yang dianggap mudah dan dasar,
berlanjut dengan materi-materi yang lebih kompleks. Strategi ini menjadi sangat
efektif khususnya dengan adanya kesadaran penulis untuk melengkapi suatu
pembahasan dengan contoh-contoh aktual, sehingga pengguna dapat melihat sendiri
bagaimana materi yang sedang mereka pelajari, diaplikasikan dalam kalimat yang
mereka pakai sehari-hari.
Namun
seperti halnya pedoman apapun, ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar dari
pihak pengguna sangatlah berpengaruh dalam proses pencernaan (internalisaasi)
materi yang disajikan. Penguasaan sebuah bahasa asing, seperti halnya
keberhasilan dalam menguasai keahlian lain, menuntut adanya kegigihan dan
prinsip pantang menyerah sebagai syarat mutlak. Melalui buku ini, penulis telah
berupaya mempermudah perjalanan anda, bisakah anda sebagai pengguna sampai pada
kesuksesan yang anda tuju?
Salam,
Fikri
Sulaiman Ismail, MA.
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
Untuk menunjang
terwujudnya pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan isi buku ini, perlu
memperhatikan beberapa tip yang akan sangat membantu mempermudah proses belajar
berbahasa dan mempelajari bahasa Inggris, yang dirasakan dan dialami penulis
sendiri selama mempelajari, diantaranya :
- Motivasi belajar haruslah diselaraskan dengan niat dan didukung oleh
kemauan yang besar bahwa apa yang dipelajari adalah tuntutan dalam
memperkaya diri dengan pemahaman yang baik terhadap bahasa Inggris umumnya.
- Carilah partner dalam belajar sebagai teman dalam berpraktek dan
berkonsultasi.
- Pelajari dan fahamilahlah setiap bab dengan baik, sebelum pindah
pada materi yang lain. Ulangilah setiap pembahasan hingga anda benar-benar
telah menguasainya.
- Perbanyaklah menghafal kosa kata pada lampiran, di saat mempelajari
setiap pembahasan yang ada pada bagian I dan II. dengan memperbanyak dan
memperluas contoh-contoh menggunakan kata-kata yang telah dihafalkan
karena satu kata yang dipraktekkan dalam seratus kalimat, lebih baik dari
pada menghafal seratus kata tanpa menyusunnya dalam kalimat.
- Pelajarilah bagian III dengan berlatih berdialog dengan partner
belajar hingga benar-benar menguasai dan berlatih mengerjakan latihan.
- Untuk lebih menguasai penyusunan kata dari segi kaedah bahasa
Inggris, pelajarilah bagian I&II dengan baik
- Jika terdapat perintah latihan pada setiap materi, maka cobalah
berlatih berpraktek dengan partner ataupun secara perorangan.
- Hindarilah rasa bosan dalam belajar akibat terlalu memforsir tenaga
atau memaksakan diri.
Dengan demikian maka apa
yang akan dipelajari akan bermanfaat, mudah untuk dikuasai dan tidak mudah
untuk dilupakan.
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ....................................................................................................... i
SEKAPUR SIRIH................................................................................................................ ii
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU..........................................................................
iii
DAFTAR ISI ........................................................................................................................ iv
PENDAHULUAN ……………………………………………………………………….. 1
BAGIAN I PELAJARAN DASAR BAHASA INGGRIS..................................... 2
1. Abjad (Alphabet)................................................................................. 2
2. Cara Baca (Spelling).......................................................................... 3
3.. Silent........................................................................................................... 7
4. Kata Benda (Noun)............................................................................ 8
5. Kata Ganti Orang(Personal
Pronoun).................................... 8
6. Kata Penunjuk (Determiners)..................................................... 9
7. Penggunaan Article (a, an
dan the)......................................... 10
8. Kata Tanya (Question Word)...................................................... 10
9. Bentuk Tunggal dan Jamak........................................................... 11
10. Bunyi s dan ‘s Pada Akhir Kata............................................... 13
11. At, On dan In........................................................................................ 13
12. Who, That dan Which
sebagai kata Penghubung........ 14
13. Whoever, Whatever,
Whenever, Wherever................... 14
14. Kata Pembanding
(Comparative)........................................... 14
15. More, Less dan Fewer................................................................... 15
16.
Some dan Any..................................................................................... 16
17. Kata Keterangan (adverb).......................................................... 16
18. Kata Kerja (Verb)................................................................................ 17
19. Kata Kerja Khusus........................................................................... 17
20. Do, Does dan Did.............................................................................. 18
21. Kependekan (Contraction)......................................................... 18
22. Penggunaan If....................................................................................... 19
23. Either…or…. Dan Neither ….nor…............................................ 19
24. Jam (Time)............................................................................................... 19
BAGIAN II BENTUK-BENTUK KALIMAT DAN UNGKAPAN UMUM
1. Bentuk-bentuk Kalimat (Tenses)................................................. 21
2. Kalimat Pasif.............................................................................................. 24
3. Ekor Pertanyaan (question tag)................................................... 24
4. Two Words Verb (Phrasal Verb)................................................ 24
5. Bentuk –ing (-ing Form).................................................................... 25
6. Ucapan Salam dan Selamat.............................................................. 25
7. How are you? dan How do you do?.......................................... 25
8. Where do you come from................................................................ 26
9. Pardon me, I beg your pardon...................................................... 26
10. Please, Pleased dan Pleasure...................................................... 27
11. Ungkapan sehari-hari....................................................................... 27
BAGIAN III DIALOG DAN LATIHAN............................................................. 30
1. Nama dan Alamat........................................................................... 30
2. Memperkenalkan diri dan teman.........................................
31
3. Pekerjaan
dan Profesi…………………………………………… 32
4. Aktifitas
Sehari-hari...................................................................... 33
5.
Menanyakan Tempat dan Lokasi......................................... 34
6. Shopping.............................................................................................. 35
7. Di Kantor Pos ................................................................................... 37
8. Di Perpustakaan
............................................................................. 38
9. Telephone .......................................................................................... 39
10.Olah raga.............................................................................................. 40
11. Mengunjungi Teman....................................................................... 41
BAGIAN IV PERBEDAAN PENGGUNAAN
BAHASA INGGRIS............ 42
A. Perbedaan Tulisan........................................................................... 42
B. Perbedaan Ucapan …….................................................................. 42
C. Perbedaan Penggunaan sehari-hari..................................... 43
BAGIAN V LAMPIRAN-LAMPIRAN..................................................................... 45
1. Kata Benda.............................................................................................. 45
2. Kata Sifat................................................................................................... 47
3. Kata Profesi............................................................................................. 49
4. Keluarga.................................................................................................... 50
5. Anggota Tubuh..................................................................................... 50
6. Warna-Warni......................................................................................... 51
7. Nama Hewan.......................................................................................... 51
8. Buah-buahan.......................................................................................... 52
9. Nama Hari dan Bulan....................................................................... 52
10. Angka dan Bilangan......................................................................... 53
11. Olah Raga dan Permainan........................................................... 53
12. Keterangan waktu dan berhubungan
dengannya....... 54
13. Kata Abstrak......................................................................................... 55
14.Kata Kerja................................................................................................ 56
a. Kata Kerja tidak beraturan (irregular).......................... 56
b. Kata kerja Beraturan (regular)........................................... 60
15. Kata depan dan yang berhubungan
dengannya........... 64
16. Multymeaning’s word ................................................................... 65
17. Kata Mutiara …………………………………………………………. 85
17. Tanda baca, Symbol dan Singkatan....................................... 87
DAFTAR
PUSTAKA
……………………………………………………………………………………. 88
Tidak ada komentar:
Posting Komentar