Cara Praktis Belajar Bahasa Arab. By: Saidna Zulfiqar bin Tahir
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT atas rahmat
dan ‘inayah-Nya, cetakan kedua dari buku sederhana “CARA PRAKTIS BELAJAR BAHASA
ARAB” ini dapat tersusun dalam bentuk yang lebih simple dan mudah. Mengingat
pentingnya bahasa Arab, minat dan keterbatasan fasilitas serta banyaknya
keluhan dalam mempelajarinya, penulis tergugah untuk menyusun buku panduan
dengan metode Taysiir. Kiranya akan sangat membantu siapa saja yang ingin
belajar berbahasa dan mengajar bahasa Arab.
Inti
dari buku ini adalah menghapal dan praktik. Susunan materi diawali dengan
pelajaran-pelajaran dasar bahasa Arab, berupa cara baca dan tulis yang
merupakan momok awal penghilang selera belajar. Kemudian macam-macam kata dan
penggunaannya, juga cara baca dan latihan serta ungkapan-ungkapan umum dan
dialog. Pada bab II berisikan dialog dan latihan, pada bab III berisikan kaidah-kaidah
dasar bahasa Arab bagi yang ingin lebih mengetahui dan memperdalamnya. Dan pada
bab IV dipaparkan perbandingan antara bahasa Arab resmi (fusha) dan bahasa Arab sehari-hari atau pasaran (‘Ammiyah).
Pada
kesempatan ini. Penulis ingin menghaturkan banyak terima kasih kepada bapak
Ahmad Taufik Abdurrahman, MA yang telah memberikan sekapur sirih dan telah
banyak membantu dalam pengeditan dan penerbitan buku ini. Juga kepada Shofiah
Tidjani, M.Si, bapak Fikri Sulaiman, Lc,. MA, Dr. Farid senong, MA, dan Taufik
Damas, Lc, yang telah mentashih isi buku ini.
Terima
kasih tak terhingga untuk Eliza Mufti sekeluarga, Husni Yusuf, Lc dan S. Maryam
Aljuned. Lc, Iman Firdaus, Lc sekeluarga, Ruslan Husen (Ruly), Tamsil
sekeluarga, Yopi dan Dini, Dr. Surya Darma Syam, MA, Ahmad Gazali, Lc. Ka’ Amin
Samad sekeluarga, Ka’ Najib Tabhan sekeluarga, rekan-rekan Sabandsa, rekan-rekan
pelajar Indonesia-Cairo, dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan
satu-persatu yang telah banyak membantu.
Terima
kasih juga atas segala bantuan, inspirasi dan dukungan kedua orangtuaku,
keluarga, istri tercinta S. Lulu Assagaf serta anak-anakku tercinta Gadysa dan
Gelbina.
Penulis
menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna oleh karena itu kritik dan saran
akan sangat dihargai. Hanya kepada Allah kita berharap ridha-Nya, semoga buku
ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Arab.
Penyusun
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
Untuk menunjang terwujudnya pembelajaran
bahasa Arab sesuai dengan isi buku ini, perlu memperhatikan beberapa tip yang
akan sangat membantu mempermudah proses belajar berbahasa dan mempelajari
bahasa Arab, yang dirasakan dan dialami penulis selama mempelajari bahasa Arab,
di antaranya:
- Motivasi belajar harus diselaraskan dengan niat
dan didukung oleh kemauan yang besar bahwa apa yang dipelajari adalah
tuntutan untuk memperkaya diri dengan pemahaman yang baik terhadap bahasa
Arab umumnya dan bacaan shalat khususnya.
- Carilah partner dalam belajar sebagai
teman berpraktik dan berkonsultasi.
- Pelajari dan pahamilahlah setiap bab dengan
baik, sebelum pindah pada materi yang lain. Ulangi setiap pembahasan
hingga Anda benar-benar telah menguasainya.
- Perbanyak menghapal kosa kata pada lampiran
saat mempelajari setiap pembahasan dalam bab I. Ini dilakukan dengan
memperbanyak dan memperluas contoh-contoh penggunaan kata yang telah dihapal.
Satu kata yang dipraktikkan dalam seratus kalimat, lebih baik daripada
menghapal seratus kata tanpa menyusunnya dalam kalimat.
- Pelajari bab II dengan berlatih menulis,
membaca dan berdialog dengan partner belajar hingga benar-benar
menguasai.
- Untuk lebih memantapkan penyusunan kata dari
segi kaidah bahasa Arab, pelajarilah bab III dengan baik
- Jika terdapat latihan, maka cobalah berlatih berpraktik
dengan partner ataupun secara mandiri.
- Hindarilah rasa bosan dalam belajar dengan
terlalu memforsir tenaga atau memaksakan diri.
Dengan
demikian apa yang akan dipelajari akan bermanfaat, mudah dalam menguasai dan
tidak mudah untuk dilupakan.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................................
SEKAPUR SIRIH.................................................................................................................
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU........................................................................
DAFTAR ISI ..........................................................................................................................
PENDAHULUAN …………………………………………………………………………………………………….........
BAB I. PELAJARAN DASAR BAHASA ARAB..........................................................
A. Bentuk-bentuk Abjad Arab...................................................................................
B. Mengeja dan Membaca...........................................................................................
C. Kata Benda (Isim)......................................................................................................
D. Kata Penunjuk (Ismul Isyaarah)...........................................................................
E. Kata Tanya (Ismul Istifhaam)..................................................................................
F. Kata Ganti Orang (Dhamaair)..............................................................................
G. Kata Keterangan (Dharf) dan Jarr......................................................................
H. Kata Sambung (Ismul Maushuul)...........................................................................
I. Kata Pembanding / Comparative (Ismu Tafdhiil).............................................
J. Penyebut dan
Pembilang (Al-‘Adad wal Ma’duud)...........................................
K. Warna-Warni (Alwaan).........................................................................................
L. Jam (Saa’ah).................................................................................................................
M. Kata Kerja (Fi’il)......................................................................................................
N. Tashriif............................................................................................................................
O. Huruf (Harf)................................................................................................................
P. Kalimat (Al-Jumlah)...................................................................................................
Q. Kalimat Pasif (Mabni Majhuul)..............................................................................
R. Salam dan Ucapan Selamat..................................................................................
S. Dialog Umum dan Cara Baca...............................................................................
T. Ungkapan Umum dalam Dialog.........................................................................
U. Dialog dan Latihan..................................................................................................
BAB II . DIALOG DAN LATIHAN................................................................................
A. Perkenalan ..................................................................................................................
B. Di Perpustakaan ……………………………………………………………………………………
C. Di Kantin ………………………………………………………………………………………………
D. Di Mesjid.....................................................................................................................
E. Ziarah ...........................................................................................................................
F. Di Dokter .....................................................................................................................
G. Di Airport ...................................................................................................................
H. Di Jalanan ...................................................................................................................
I . Bahasa Arab ................................................................................................................
J. Keluarga ........................................................................................................................
K. Di Pasar .......................................................................................................................
BAB III. DASAR-DASAR GRAMATICAL BAHASA ARAB................................
I. NAHWU.............................................................................................................................
A. Kata Benda (Isim)............................................................................................................
B. Kata Kerja (Fi’il) ……........................................................................................................
1. Fi’il Maadhi ….......................................................................................................................
2. Fi’il Mudhaari’ …..................................................................................................................
3. Fi’il Amar ……........................................................................................................................
C. Huruf (Harf)......................................................................................................................
D. Binaa’ dan I’rab.................................................................................................................
1. Binaa’......................................................................................................................................
2. I’rab .......................................................................................................................................
E. Nakirah dan Ma’rifah ......................................................................................................
F. I’Raab Fi’il Mudhaari’ .......................................................................................................
G. Mubtada dan Khabar .......................................................................................................
1. Mubtada ................................................................................................................................
2. Khabar ..................................................................................................................................
H. Faa’il ....................................................................................................................................
I. Naaibul Faa’il ......................................................................................................................
J. Kaana dan Kawan-kawannya .....................................................................................
K. Inna dan Kawan-kawannya ........................................................................................
L. Maf’uulun Bih .......................................................................................................................
M. Maf’ul Muthlaq ..................................................................................................................
N. Maf’ul Liajlih ......................................................................................................................
O. Maf’uul Ma’ah ....................................................................................................................
P. Maf’uulun Fih .......................................................................................................................
Q. Haal .....................................................................................................................................
R. Mustatsna ............................................................................................................................
S. Al-Af’aal al-Khamsah ........................................................................................................
T. Tamyiz ..................................................................................................................................
U. Yang Mengikuti Hukum I’rab Kata Sebelumnya ...............................................
II. SHARF................................................................................................................................
A. Mufrad, Mutsanna dan Jamak........................................................................................
B. Mashdar................................................................................................................................
1. Mashdar Fi’il Tsulaatsi.......................................................................................................
2. Mashdar Rubaa’i ................................................................................................................
3. Mashdar Khumaasi wa sudaasi ........................................................................................
4. Mashdar Miimi ...................................................................................................................
5. Mashdar Shunaa’i ...............................................................................................................
6. Ismul Marra dan hay’ah ....................................................................................................
C. Isim Musytaqq.....................................................................................................................
1. Isim Faa’il..............................................................................................................................
2. Isim Maf’uul .........................................................................................................................
3. Shifatul Musyabbahah bi Ismil Faa’il ...............................................................................
4. Isim Tafdhiil ........................................................................................................................
5. Isim Zamaan dan Makaan ...............................................................................................
6. Ismul Aalah ..........................................................................................................................
D. Tashriif Af’aal......................................................................................................................
E. Nasab....................................................................................................................................
F. Tashghiir ..............................................................................................................................
1. Fi’aiil .....................................................................................................................................
2. Fu’ai’il ...................................................................................................................................
3. Fu’ai’iil ..................................................................................................................................
BAB IV. ANTARA BAHASA ARAB ‘AMMIYAH DAN FUSHA........................
A. Thamthamaniyah Humair..................................................................................................
B. Kasykasyah..........................................................................................................................
C. Kaskasah..............................................................................................................................
D. Istinthaa ..............................................................................................................................
E. Khalkhalaaniyah ................................................................................................................
F. Tashiil ...................................................................................................................................
G. Ar-Raswu ............................................................................................................................
H. Tanwiin Nagham ................................................................................................................
I. Kata Ibir Pengganti Ibin ..................................................................................................
J. Pengganti Dhamir Ghaaib ...............................................................................................
K. ‘An’anah ...............................................................................................................................
L. Contoh Dialog dan Ungkapan ...................................................................................
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN ...............................................................................................
Lampiran 1. Isim (Kata Benda)....................................................................
Lampiran 2. Tempat dan Lokasi ................................................................
Lampiran 3. Masa, Waktu dan Hari ........................................................
Lampiran 4. Anggota Tubuh .......................................................................
Lampiran 5. Buah-buahan dan Sayuran .................................................
Lampiran 6. Angka dan Hitungan ............................................................
Lampiran 7. Nama Hewan ...........................................................................
Lampiran 8. Kata Sifat ...................................................................................
Lampiran 9. Kata Penunjuk dan Arah ....................................................
Lampiran 10. Profesi dan Jabatan .............................................................
Lampiran 11. Warna-Warni
........................................................................
Lampiran 12.
Keluarga ...................................................................................
Lampiran 13. Permainan dan Olah Raga ................................................
Lampiran 14. Sakit/Penyakit .......................................................................
Lampiran 15. Kata Abstrak ..........................................................................
Lampiran 16. Kata Kerja dan Contoh .......................................................
PENDAHULUAN
Kesulitan dan hambatan pasti
ada di saat ingin merealisasikan tujuan, hal itu adalah alamiah dan ilmiah.
Seorang bayi tidak akan langsung dapat berbicara layaknya orang dewasa. Tapi ia
harus melalui berbagai proses dan fase yang tidak bebas hambatan, demikian pula
halnya mempelajari suatu ilmu khususnya bahasa Arab.
Banyaknya
keluhan seringkali terdengar di saat belajar bahasa Arab, misalnya, “Bahasa
Arab itu susah,” atau, “Sudah sekian lama saya belajar bahasa Arab tapi hingga
saat ini belum dapat memahami dan bercakap-cakap dalam bahasa Arab,” atau,
“Percuma selama ini saya belajar bahasa Arab karena di saat melaksanakan ibadah
haji, saya tidak memahami dan tidak dapat berkomunikasi dengan orang Arab,” dan
masih banyak lagi keluhan lain.
Masalah
ini harus disadari dan ditangani dengan sungguh-sungguh, mungkin saja minhaj yang digunakan dalam belajar
kurang fa’aal (efektif), atau malu
berpraktik, hanya mempelajarinya secara pasif, atau hanya dengan mengerjakan
latihan-latihan (tadriibaat) saja.
Jika demikian, maka sudah jelas kita gagal dalam belajar.
Ada
beberapa kesulitan yang umum dihadapi pada saat mempelajari bahasa Arab, antara
lain:
- Kurang mengetahui bentuk-bentuk abjad Arab. Mungkin
saja telah mengetahui bentuk tunggal (berdiri sendiri) suatu huruf, namun
belum mengetahui bentuk-bentuk lain dari huruf pada saat terletak di
tengah atau di akhir kata.
- Belum
dapat membaca huruf Arab.
- Kurang menguasai perbendaharaan kata yang
merupakan kunci di dalam mempelajari suatu bahasa.
- Kurang aktif, malu berpraktik dan takut salah.
- Kurang mengetahui bentuk-bentuk kalimat.
- Kurang menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam
bahasa Arab, yang kita lakukan malah sebaliknya yaitu menerjemahkan bahasa
Arab ke dalam bahasa Indonesia.
- Tidak terbiasa mendengar secara langsung cara
pengucapan dari orang Arab itu sendiri.
Kendala-kendala
inilah yang penulis jadikan sebagai acuan dalam memberikan hall (solusi) dengan menggunakan minhaj taysiir bagi siapa saja yang ingin berbahasa dan mempelajari
bahasa Arab. Namun semua ini haruslah didukung oleh keberanian dalam mempraktikkan
dan berkomunikasi aktif secara berkesinambungan.
Jangan
pernah merasa puas karena telah mempelajari dan mengetahui beberapa pelajaran,
namun lakukanlah pembelajaran itu secara berulang-ulang hingga Anda benar-benar
mahir, berprestasi dan siap terhadap situasi dan kondisi bagaimanapun juga,
seperti halnya memasukkan makanan ke dalam mulut. Dalam keadaan remang-remang,
gelap, terang, terlentang, jongkok, maupun pada saat berdiri, makanan itu tetap
pas sampai ke mulut tanpa hambatan. Mengapa? Karena hal itu sudah sering dan
terbiasa dilakukan.
Salah satu motivasi yang
mendorong orang untuk mempelajari bahasa Mandarin atau Jepang adalah penyajian
bahasa dalam bentuk bacaan (cara membacanya). Metode ini pun sengaja diterapkan
sebagai pemikat dalam mempelajari bahasa Arab. Metode ini pun sengaja digunakan
bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Arab tanpa mengetahui baca tulis
huruf Arab.
Bulatkan
niat dan tekad. Jadikan belajar bahasa Arab sebagai hobi atau kebutuhan, bukan
sebagai beban. Niscaya segala sesuatu yang sulit akan menjadi mudah untuk
dipelajari. Harapan kami semoga buku ini benar-benar dapat membantu dan
menghilangkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi saat mempelajari bahasa Arab.
Hanya kepada Allah kita berbuat dan berusaha, dan kepada-Nya jualah kita
memohon pertolongan untuk membuka segala aral dan hambatan.
bukunya bagus mas, gimnaa cara mendapatkan yang BAB III dan IV ya mas...
BalasHapusBagaimana cara mendptkan bab 3 dan 4 nya ustadz
BalasHapus